Sunday, October 4, 2009

TRAUMA-ku

SETIAP orang tentunya memiliki masalah, mungkin suatu masalah yang bukan dihadapi saat ini tetapi di masa LALU. Begitu pun dengan diriku... mungkin bagi orang yang belum pernah ngalamin sendiri, hal ini bisa dianggap SEPELE. Tapi bagiku, rasa takut ini mungkin akan selamanya MENGHANTUI hidupku :(( Trauma itu saat ini semakin sering kurasakan, yaitu saat INDONESIA mulai diguncang GEMPA. Yupppp... aku trauma sama yang namanya GEMPA :D

Kenapa??? Karenaaa... aku inget banget kejadian hari itu, yaitu tanggal 17 Februari 1996. Aku inget karena hari itu aku di sekolah baru aja NGERJAIN temen sekelas yang merayakan ulang tahun yaitu Phillipus [kamu sekarang ada dimana ya??? :) ]. Skitar jam 3 sore, aku baru bangun tidur siang. Aku duduk di teras bersama dengan ibu, bapak sedang ke masjid tuk siap-siap sholat Ashar. Mas Gun [kakak pertama-ku] masih bobo siang di kamarnya, aku dah bangun karena siap-siap mo ke sekolah lagi... ada ulangan harian tuk pelajaran Kimia :(

Aku lagi NGOBROL ama ibu trus pas jam 3 tepat aku mulai merasakan GEMPA yang sangat besar, spontan aku lari ke luar pagar bersama ibuku. Aku langsung teriak memanggil Mas Gun yang masih tertidur, saat itu aku sudah MEMELUK ibuku sambil memegangi pagar rumahku. Aku melihat dengan mata kepalaku sendiri.... tanah yang kupijak terbelah dan bergerak saling berlawanan arah, SUBHANALLAH... Selanjutnya rumah tetanggaku ROBOH, kebetulan rumah tersebut merupakan rumah panggung khas TORAJA. Padahal disitu ditempati satu keluarga dan 2 orang anak kecil, aku terus memanggil Mas Gun... Aku takut rumahku juga ROBOH, akhirnya Mas Gun bangun dan dia mo lari sangat susah karena goncangan yang sangat dahsyat.

Saat itu yang ada di PIKIRANKU adalah... apa pun yang terjadi, aku harus MENJAGA ibuku. Itu aja yang saat itu aku pikirkan, jadi aku terus saja memeluk beliau. Setelah gempa BERHENTI... aku, Ibu dan Mas Gun saling berpelukan di jalan pinggir rumah [jauh dari bangunan dan tiang listrik], kami masih CEMAS karena blum tau gimana kabar Bapak yang di masjid :( Tidak berapa lama, Bapak alhamdulillah pulang... Jangan tanya gimana perasaanku saat itu, SEDIH... sudah pastilah. Yang pasti, aku masih BERSYUKUR pada Allah SWT karena keluargaku masih lengkap dan tidak terluka.

Saat itu, Mas Gun yang pertama kali melihat isi rumah... Oh iya, saat itu bulan Ramadhan dan udah mendekati lebaran. Bak kamar mandi yang tingginya 1 m dan awalnya TERISI penuh oleh air... saat itu tinggal setengah dan air tersebut sudah MEMBANJIRI rumah. Bayangkan... bak 1 meter airnya bisa TUMPAH sampe setengah bak sendiri :( Lemari sudah berjatuhan semua, alhmadulillah NDILALAH lemari di dapur yang isinya udah diatur Ibu dengan toples-toples yang berisi kue LEBARAN... gak jatuh :D Gempa susulan pun KERAP terjadi, isu TSUNAMI juga mulai rame. Kebetulan rumahku di daerah bukit [RIDGE II], sehingga posisinya aman jika ada tsunami. Tetapi orang-orang yang rumahnya di pinggir pantai, mulai pada MENGUNGSI.

Gempa yang melanda Biak sebesar 7,9 SR ternyata bener-bener mendatangkan tsunami, daerah yang terkena adalah BIAK UTARA [Korem]. Aku hingga saat ini juga belum PERNAH melihat kondisi daerah yang terkena tsunami, namun dari INFO yang aku denger adalah daratannya menjadi padang pasir yang luas. Perumahan bahkan kuburan yang deket pantai telah hilang terbawa oleh tsunami :(( Keluargaku tidak MENGUNGSI tapi karena kondisi rumahku yang berantakan ditambah dengan retak-retak yang lumayan parah trus juga masih ADA gempa-gempa susulan... keluargaku memilih untuk tidur di halaman depan rumah, tepatnya di bawah pohon JERUK BALI. Kami memang tidak menggunakan TENDA, karena ga punya :p

SATU minggu kami tidur di halaman depan, masih TAKUT kalo bobo di dalam rumah, abis itu kami secara perlahan pindah bobo ke teras rumah :D Setelah beberapa hari, kami pun pindah bobo di ruang tamu dengan keadaan pintu rumah tidak TERKUNCI. Rumah di Biak atapnya menggunakan SENG, jadinya kalo ada bunyi getaran di seng... kami pun lansgung lari ke luar rumah. Hingga saat ini, apabila ada bunyi-bunyian pada ATAP rumah... aku pasti lansgung kabur, rasanya trauma banget mendengar bunyi seng. Hingga saat ini, aku paling SENSITIF ama getaran, ga tau kenapa rasanya jika ada getaran sedit rasanya udah pengen KABUR duluan :))

Yang aku HERAN, apabila ada gempa di Indonesia... catatan gempa di Biak gak pernah dicantumin :( It's not fair, apakah karena pada saat itu blum ada satu pun STASIUN TV yang nyiarin secara live??? Padahal kerusakana sangat PARAH, banyak bangunan rumah, sekolah, masjid, gereja dan lainnya yang pada roboh... Kondisi juga sangat memprihatinkan, kami hanya maem seadanya... Yang paling TERINGAT adalah... suasana lebaran yang biasanya rame, saat itu sepi. Semua orang MEMILIH untuk tetap di rumah dan ngumpul bersama keluarganya. Oh iya, kan ada tamu nih yang datang ke rumahku, baru duduk bentar ehhh ada gempa susulan. Wahhhh langsung kita NGIBRIT ke luar rumah, jadi rasanya tiap hari kita deg-degan terus. Gak nyaman banget...

Gempa yang MELANDA Sumatera Barat tentunya mengingatkanku pada masa lalu... liat PENGUNGSI yang bobo di tenda, mengingatkanku pada tetangga di Biak yang pada bobo di tenda. Aku BISA merasakan apa yang mereka rasakan, hidup tidak tenang. Jangankan berpikiran tuk sekolah, tuk KELUAR rumah dan pisah dengan keluarga aja udah gak mau. Perasaan TAKUT selalu saja ada, kupikir dengan kepindahanku ke Jakarta... mungkin [mungkin nihhh hehehehehehe] ga ngerasain gempa lagi. Ehh ternyata ga juga, saat gempa melanda TASIK... ternyata aku juga trauma itu datang lagi T-T Aku yang saat itu berada di lantai 4, tanpa berpikir panjang lagi... langsung NGIBRIT lewat tangga darurat, berusaha untuk keluar gedung secepat mungkin. Terdengar bunyi KREK...KREK... pada tangga darurat, wahhhh rasanya jantungku semakin berdebar kencang. Saat udah di halaman, yang KUINGAT adalah gimana kabar Mas Riza di rumah???

Langsung kutelpon rumah, alhamdulillah Mas Riza dan Mbak Ita ga papa. Aaahhhh rasanya PLONG, aku langsung memilih pulang dan berusaha tuk nyampe di rumah secepatnya. Ayah saat itu lagi gak ada di Indonesia, beliau sedang TUGAS ke Bangkok. Ga berapa lama, Mbak Nung kakakku yang di Biak MENELPON tuk menanyakan kabarku, yaaa Kake dan Nenek mendengar info via TV kalo Jakarta dilanda gempa... langsung meminta dia menelponku dan Mas Taufiq. Alhamdulillah kami berdua baik-baik aja, walau masih deg-degan banget. Yahhh dari semua MUSIBAH yang datang berturut-turut, aku hanya bisa MEMASRAHKAN hidp dan mati kita pada Allah SWT. Kita tidak pernah tau, BESOK ada kejadian apa dalam hidup kita. Aku hanya BERHARAP... semoga jangan ada GEMPA lagi, takuuuttttttttttttttttttt :((

0 comments:

Post a Comment