Sunday, October 4, 2009

Penyakit DEMENSIA

Hari Sabtu kemaren, aku dan kakakku yang no-2 yaitu Mas Taufiq... JANJIAN tuk bersilaturahmi dengan keluarga ibuku yang berada di Jabodetabek. Hal ini RUTIN kami lakukan saat bulan Syawal [kalo pas lebaran gak mungkin, karena masing-masing dari kami mudik ke rumah MERTUA :D ], karena Kakek Nenek kan masih di Biak... jadinya yaaa itung-itung PERWAKILAN mereka berdua :-) Mas Taufiq dan aku janjian... berhubung kita rencananya mo berkunjung ke salah satu rumah kakaknya Nek yang di Cimanggis, kan relatif dekat ama rumahku tuh. Jadinya kalo dia dah mo START dari Tambun - Bekasi... agar telpon ke aku biar aku bisa mulai berangkat juga. Jadinyaaaa biar bisa nyampe di sana berbarengan ;-)

Alhamdulillah semuanya bisa BERJALAN sesuai rencana, kami bisa nyampe berbarengan. Pas nyampe, Mas Riza senang banget karena bisa ketemu lagi ama 4 sepupu-nya. Apalagi ada Mas Hayyan [anak ke-3nya Mas Taufiq] yang umurnya sepantaran Mas Riza, jadinya mereka berdua KLOP. Mulailah KEHEBOHAN di rumahnya Wa, maklum... Mas Taufiq kan anaknya 4 orang tuh, ditambah Mas Riza jadilah rame :D

Yang membuatku dan Mas Taufiq KAGET bukan maen adalah kondisi suami Wa, ternyata beliau terkena DEMENSIA. Saat dibilang nama penyakit itu, aku juga masih agak bingung... bedanya ama ALZHEIMER apa ya??? Karena Wa udah ga inget apa-apa lagi, bahkan pada anak kandungnya. Yang pasti aku jadi sedih banget, Wa yang saat pertama kali aku TIBA di Jakarta tahun 1996 beliau sangat gagah. Trus aku MENIKAH dengan Ayah [di tahun 2002] numpang di rumahnya beliau dan masih sehat. Beberapa bulan yang lalu, semenjak terkena serangan STROKE... kesehatan beliau emang mengalami penurunan. Saat aku menengok sebelum bulan Ramadhan... Wa emang udah mulai gak ingat hari dan waktu [jam].

Tapi aku ga MENYANGKA kalo kesehatannya menurun sangat drastis, kata Wa istri... beliau baru 4 hari ini terkena demensia. Abis Dhuhur, aku dan Mas Taufiq pamit karena mo lanjutin silaturahmi lagi ke salah satu Wa lagi yang ada di daerah Palbatu. Maen sebentar, cerita-cerita.... trus pas Ashar kami pamitan. Aku dan Mas Taufiq pun langsung bubaran... dia dan kelaurga balik ke Tambun dan aku sekeluarga balik ke Serpong. Tapiii... sebelum pulang ke rumah, Mas Riza minta maen ke Summarecon, dia pengen beli temennya Thomas si James atau Molly [kereta-keretaan], minggu lalu dia baru aja BONGKAR celengannya. Nah uang celengan tersebut mo dipake tuk beli kereta temen-nya Thomas :)

Sepulang dari Summarecon, aku langusng SEARCH di internet apa tuh penyakit DEMENSIA. Ternyata...

Demensia adalah penurunan kemampuan mental yang biasanya berkembang secara perlahan, dimana terjadi gangguan ingatan, fikiran, penilaian dan kemampuan untuk memusatkan perhatian, dan bisa terjadi kemunduran kepribadian.

Terus aku nyari-nyari apa PENYEBAB-nya yaaa... silahkan baca sendiri di sini deh. Wahhh sekarang penyakit tambah aneh-aneh aja, astaghfirullah... Tadi pagi aku menelpon Nenek tuk menceritakan kegiatanku kemaren, Nenek cuma berpesan bahwa

Penyakit yang kita DERITA sekarang, tentunya itu merupakan akibat di masa lalu. saatnya tuk kita INSTROPEKSI diri dan memohon AMPUN pada Allah SWT. Mudah-mudahan diberi kesembuhan dan diberi yang TERBAIK. Semua itu telah tertuang dalam al Qur'an, apa pun masalah yang kita hadapi saat ini... harus kita KEMBALIKAN lagi pada ajaran agama, karena hanya itu yang akan membuat kita menjadi RINGAN dalam menjalani cobaan hidup.

Aaahhhhhh... Nek, kau yang selalu membuatku TEGAR dan kuat dalam menjalani segala permasalahan dalam hidup ini, kata-katamu selalu membuatku TENANG. Terima kasih Nek, insya Allah Ade akan selalu mengingat segala PETUAH-mu dalam menjalani kehidupan ini. Ya Allah... hanya kepada-Mu hamba berserah diri, amiin :)

0 comments:

Post a Comment