Friday, September 26, 2008

TAMPARAN untukku

Saat aku di Biak, aku mempunyai TEMEN deket [tenang... cewek kok :P ]... namanya Tri Utami Dewi tapi aku lebih suka memanggilnya DEWI. Kami menjadi dekat mulai SMP dan SMA, selain karena kami SATU sekolah-an... juga karena rumah kami saling berdekatan [gak sampe 50 m kali ^_* ]. Aku dan Dewi juga sama-sama anak KOLONG, alias kedua bapak kami sama-sama Angkatan Darat. Setelah lulus SMA, alhamdulillah aku diterima di salah satu universitas negeri di Semarang. Dewi mengikuti kepindahan orang tuanya ke Kediri - Jawa Timur, maka PUTUS-lah komunikasi di antara kami berdua :(

Hingga... 3 hari yang lalu aku menerima SMS dari Dewi, SURPRISE... seneng banget ^o^ Kita saling berkirim kabar, ternyata saat ini Dewi udah memiliki 3 orang anak cowok. WOWWWW... hebat banget, sedangkan aku... baru punya 1 JAGOAN :P Abis itu Dewi curhat, suaminya saat ini pengangguran... bisa makan sehari-hari aja dia udah alhamdulillah banget. Ya Allah... aku KAGET bercampur sedih, sampe segitunya KEHIDUPAN temenku ini???

Lagi asyik-asyiknya sms... Dewi pamitan karena PULSAnya udah mo abis :( Sedih banget aku dengernya, alhamdulillah ada temen kantorku yang jualan pulsa... langsung aku telpon dan minta tolong transfer pulsa [tentunya aku yang BAYAR :) ]. Mendenger cerita HARIAN Dewi... aku jadi prihatin banget :(( Saat ini Dewi bekerja sebagai BURUH TANI dengan pendapatan Rp 15.000,00/hari, segitukah HARGA yang harus dibayar untuk bekerja seharian di bawah TERIK matahari??? Dewi juga bercerita, jangankan punya rekening tabungan... untuk bisa makan sehari-hari aja udah syukur T-T

Cerita Dewi rasanya jadi TAMPARAN keras tuk aku, temenku harus berJUANG hidup tuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarganya. Kalo aku merenung... apakah ini HASIL dari masa lalu??? Aku inget masa-masa penuh PERJUANGAN, saat sekolah... Bapakku sangat DIKTATOR untuk menyuruh kami kelima anaknya BELAJAR dan BELAJAR... waktu bermain hanya hari Sabtu siang hingga Minggu sore, selain itu... hari-hari diisi dengan BELAJAR :D Di saat temen-temen yang lain berMAIN, kongkow-kongkow... aku harus di rumah dan menekuni buku pelajaran...

Hasil semua JERIH PAYAH kami memang terbayar saat ini, alhamdulillah kami berlima dapat MANDIRI... dalam arti kata yang SESUNGGUHNYA. Sehingga Bapak dan Ibu bener-bener menikmati hari tuanya dengan tenang, kehidupan HARIAN kami berlima juga alhamdulillah CUKUP-lah :P Sedangkan... kalo aku melihat dan MENDENGAR cerita temen-temen masa kecilku... saat dahulu mereka bersenang-senang, sekarang... sungguh BERAT mereka memandang kehidupan.

Aku... yang hampir tiap minggu menghabiskan berapa ratus ribu tuk MEMENUHI keinginanku, di lain tempat ada temenku yang harus MEMERAS keringat tiap hari tuk memberi makan anaknya. Kalo udah gini... sebetulnya sapa yang SALAH ya??? Takdir atau??? Tapi bener kata Allah SWT, Dia tidak akan merubah nasib kaumnya kalo kaumnya sendiri tidak BERUSAHA untuk merubah nasibnya. Aku inget pesen kedua orang tuaku, kalo kita menjadi orang PINTAR [bukan maksudku ngatai aku pinter ya??? :P hanya mencoba mengibaratkan doang wakakakakaka]... kita akan dibayar lebih BANYAK... karena kita bekerja dengan menggunakan OTAK kita. Berbanding terbalik jika kita bekerja dengan OTOT kita... harga yang dibayar sangat KECIL.

Apakah ini yang DIMAKSUDKAN oleh kedua orang tuaku dahulu???

Kek Nek... terima kasih yang TAK TERHINGGA, berkat didikan kalian... kami kelima anakmu bisa hidup MANDIRI tanpa membebani kalian lagi... [pengen rasanya SUJUD ke Kek Nek lebaran ini... tapi biaya tiket ke Biak muahal banget hiks...]

Alhamdulillah... LEBARAN kali ini bisa menjadi ajang memulai tali SILATURAHMI, sekaligus saling BERBAGI di antara kami. Tahun ini rejekiku dan Ayah emang ada yang harus kami ZAKAT-kan, mudah-mudahan bisa sedikit membantu meringankan BEBAN hidupmu ya Wi... Sekalian ini juga INSTROPEKSI buatku di Ramadhan kali ini, bahwa aku mungkin harus bisa MENGEREM kebiasaan belanjaku :D Siapa tau UANG tersebut bisa lebih bermanfaat bagi orang-orang yang lebih membutuhkan ^_* [lagian masih punya utang KREDIT mobil hahahahahahaha Ayah marah mulu nih... :P ].

2 comments:

  1. berakit-rakit dahulu..berenang-renang ketepian mbak... cerita mbak mirip kehidupanku.. he2
    bersyukur.. itu intinya... klo dapet sesuatu lihatlah ke bawah agar tidak sombong.. klo mo sesuatu lihatlah ke atas agar semangat... he2 (menurutku loh) .. share aja

    ReplyDelete
  2. @ Aha : YUP... setuju banget. Dengan melihat ke bawah, kita menjadi lebih BERSYUKUR atas nikmat Allah SWT ^o^

    ReplyDelete