Wednesday, September 3, 2008

Menambah ILMU

Bener nih... tahun ini aku MEMILIKI tekad agar Ramadhan kali ini sholat tarawehku gak BOLONG :D Karena di tahun-tahun sebelumnya yaaa... masih SUKA bolong :( Selain itu aku pengen MINIMAL dalam sehari aku bisa TADARUS walaupun hanya berapa ayat. Yaaa pengen banget meMAKSIMALkan ibadahku di tahun ini, walaupun kadang jam setengah 8 malam Mas Riza sudah mengajak bobo [walhasil aku pun tertidur :P ]. Tapi aku terbangun tengah malam dan melakukan sholat ISYA dilanjutkan taraweh dan witir :)

Saat SAHUR... hampir seluruh program TV hanya menyiarkan kuis maupun sinetron. Kok gini-gini mulu, rasanya JENUH juga. Akhirnya aku nemu program di MetroTV yang menyiarkan Tafsir Al Mitsbah, yang ngisi acaranya Bapak H. Quraish Shihab didampingi Inneke Koesherawati. Saat ini sedang dibahas Surat An Nisa, tiap hari hanya dibahas 2 ayat. Walaupun hanya sedikit, tapi penjelasan dan uraiannya panjang loh... Yang paling aku SUKA adalah contoh-contoh yang disampaikan sesuai dengan REALITA yang ada dan juga kata-kata yang disampaikan sangat simpel sehingga memudahkan PENDENGAR untuk memahami maksud dari ayat tersebut.

Surat An Nisa memang ditujukan khusus untuk perempuan, Allah SWT sungguh mengangkat derajat wanita setelah jamannya Rasulullah. Karena jaman sebelumnya yaitu di masa JAHILIYAH wanita sangat direndahkan HARKAT dan MARTABATnya. Dua hari telah kuikuti, ada beberapa HAL yang akhirnya dapat kupahami dan menambah ILMUku yaitu:

1. Mas kawin yang diberikan pada MEMPELAI wanita sebaiknya berupa MATERI, ternyata ini ada maksudnya loh... yaitu diharapkan suatu saat mas kawin ini dapat BERGUNA bagi sang wanita.

2. Seberkah-berkahnya wanita adalah yang apabila mas kawinnya lebih GEDE nilainya daripada biaya UPACARA pernikahannya [baca RESEPSI ^_* ]. Ini yang suka kita salah TAFSIRKAN, biasanya orang tua pengen memeriahkan resepsi anaknya, tapi kalo dipikir-pikir emang BAIKNYA uang tersebut diberikan pada sang anak sebagai MODAL awal dalam ber-rumah tangga.

3. Pembagian warisan, Allah SWT telah mengatur bahwa anak wanita mendapatkan 1/3 dari HARTA yang ditinggalkan oleh orang tuanya. Ini pun ada maksudnya loh... dan kita gak boleh COMPLAINT. Bagaimana pun seorang anak laki-laki di kemudian hari harus menjadi KEPALA rumah tangga yang tentunya membutuhkan biaya dalam MENGHIDUPI keluarga kecilnya. Smua yang telah diatur dalam Al Qur'an... itu yang TERBAIK bagi kita :)

4. Jaman dahulu diatur tentang PERBUDAKAN, jaman sekarang gak ada perbudakan... Emang IYA??? Ternyata salah, di jaman yang katanya sudah MODERN ini... perbudakan tetep ada loh... PERBUDAKANnya pun ikutan modern :D Dicontohkan nama salah satu pemain BOLA [sorry aku gak inget, maklum bukan PENGGEMAR bola :P ], yang dilarang PINDAH club dari MU ke AC Milan... Nah ini pun salah satu BENTUK perbudakan, karena MELARANG hak seseorang untuk melakukan sesuatu yang disukai :(

5. Masalah POLIGAMI, telah diatur juga... Katanya Alllah mengangkat derajat WANITA, kok malahan diperbolehkan tuk poligami. Penjelasan yang diberikan sungguh NGENA, misalnya seorang ISTRI sudah sakit parah... gak bisa MELAYANI lagi kebutuhan sang suami. Pilih mana hayo... diCERAIkan atau menikhlaskan suaminya menikah lagi tapi tetep mengurus DIRINYA. Ternyata audience yang mayoritas IBU-IBU pada milih... MENIKAH lagi :D Islam memperbolehkan poligami, tapi Islam pun memiliki SYARAT untuk sang SUAMI yang ingin berpoligami... jadi tinggal gimana sang suami MEMAHAMI maksud dan syarat yang diatur :P [Note. Tuk para suami, berlaku ADIL bukan hanya sekedar memenuhi kebutuhan MATERI aja loh :(( ]

Kayaknya itu dech yang baru NYANTOL diingetanku :P Apa yang kutulis ini sekedar sharing dengan temen-temen yang lain loh... bukan dengan maksud tuk MENGGURUI ^o^ Akhirnya aku bisa mengambil KESIMPULAN bahwa semua yang ada dalam Al Qur'an memang telah MENGATUR semua aspek dalam kehidupan manusia, baik itu di masa LAMPAU atau pun saat ini. Hiks... jadi merasa KERDIL banget, yaaa mungkin aku harus LEBIH giat lagi membaca buku-buku atau MENDENGARKAN ceramah nih... :)

PS. Tuk yang lain... coba dech sekali-kali nonton MetroTV dari jam 03.00 - 04.00 WIB ya???

Warmest Hugs,
-Noer-

6 comments:

  1. Amin amin. Smoga sukses dg tujuannya
    KAu tarawih sendiri di kos krn masjidnya jauh banget dan 23 rakaat (Aku pendukung 11 rakaat) ^^
    hiksu.
    Btw salam kenal yah.

    ReplyDelete
  2. @ Shireishou : Wakakakaka sama, aku juga PENDUKUNG yang 11 raka'at ^_* yang 23 raka'at hiks... lama bener :P

    Btw salam kenal juga dan THANKS udah mampir ya??? ^_^

    ReplyDelete
  3. Tak dukung deh, niatannya di bulan Ramadhan ini...

    Semoga ibadahnya bisa maksimal, dan bisa sukses...

    Wah, info ttg acara TVnya bagus, maksih dh ngasih tau...

    Dan yang paling penting adalah Al Quran itu memang kitab yang paling sempurna. Semuanya ada di dalam Al-Quran. pokoke komplit dach....

    Al Quran memang keren Abiess

    ReplyDelete
  4. @ Thiyoks : Thanks for your support :P Wahhh ternyata dikau blum tau toh kalo ada Tafsir Al Mitsbah di MetroTV ya??? Syukur dech kalo infoku bermnafaat, abis bosen juga liat LAWAKAN yang udah gak bermutu lagi :(

    ReplyDelete
  5. Hi nur aku jg nonton itu dr puasa yg dulu2.tafsir al misbah.abis aku muak bgt liat acara lainnya.contoh perbudakan modern yg dicontohkan itu christiano ronaldo yg ingin pindah ke real madrid tp dilarang mu.oke deh met puasa ya

    ReplyDelete
  6. @ Awi : Iya Wi... rasanya JENUH banget liat acara TV gitu-gitu aja. Gimana Indonesia mau MAJU kalo selalu disajikan hal-hal yang bersifat IMPIAN SEMU??? Mending nonton program TV yang kira-kira menambah ILMU dan menenangkan JIWA kita, iya gak???

    Btw... met KULIAH lagi ya??? Wisuda undang-undang loh... aku mau kok jadi PWnya :P

    ReplyDelete