Sunday, December 6, 2009

Mau BERBAGI

Salah satu PERMASALAHAN memiliki anak tunggal, menurut kebanyakan orang adalah anak menjadi EGOIS. Merasa bahwa kasih sayang kedua orang tua, Kakek Nenek maupun seluruh saudaranya hanya TERTUJU padanya... hal itu yang aku berusaha banget tuk hindari. Saat ini... MEMANG Mas Riza masih sendiri, tapi aku dan Ayah masih berusaha dan berdoa semoga kami dapat SEGERA dikaruniai momongan lagi :-) Kasihannnn... kalo ngliat Mas Riza hanya di rumah sendirian ama Mbak-nya aja.

Untuk menghindari sifat EGOIS ini, aku dan Ayah berusaha menjelaskan bahwa Mas Riza tidak sendiri. Di rumah ada Ayah, Ibu dan juga Mbak Ita, jadinya... kalo ada apa-apa harus berbagi atau GANTIAN. Misalnya... Mas Riza mo nonton film, nah... ada saatnya Ayah dan Ibu juga pengen nonton TV, Mas Riza harus bersedia mengalah. Atau jika SEPUPU-nya sedang berkunjung ke rumah, Mas Riza juga harus BERSEDIA meminjamkan maenan kesukaannya pada saudaranya tanpa harus berebut atau berantem :-(

Alhamdulillah... hingga hari ini ternyata USAHA yang aku tanamkan pada dirinya berhasil. Oh iya, walaupun dia masih 4 tahun, aku gak pernah LUPA tuk bercerita bahwa sebenarnya Mas Riza adalah anak KEDUA dari Ayah dan Ibu, jadi dia TIDAK sendiri. Anak pertama ibu adalah Alm. Mas WIKAN, Mas Wikan udah meninggal dan setiap ke Yogya aku ga pernah lupa mengajaknya tuk melihat makam Mas-nya :-) Sekarang sudah tertanam jelas di-INGATAN Mas Riza, bahwa dia anak kedua, walau anak KEDUA tapi tetep seorang anak yang ditunggu-tunggu kehadirannya oleh Ayah dan Ibu ^_^

Sudah 3 minggu ini, rumahku kedatangan Kakek Nenek. Seneng, rumah jadi RAME... Mas Riza juga jadi punya temen selain Mbak Ita saat aku kerja, awalnya aku rada KUATIR juga. Nek seneng banget nonton BERITA di TV... ow...ow... kira-kira Mas Riza mau gantian ga ya nonton TV-nya? Ehhh suatu sore saat aku pulang kantor, Nek bilang...

Mas Riza pinter yah, dia mau GANTIAN nonton TV ama Nek. Kalo pas jam tayang berita di TV, dia akan mematikan film-nya trus bilang Nek tuk nonton berita

Nyessss... BAHAGIAAAA banget dengernya, alhamdulillah. Mas Riza tau gimana membahagiakan Neneknya ^_* Ternyata anak TUNGGAL atau bukan, dia akan menjadi egois atau tidak... smua itu TERGANTUNG gimana anda mendidiknya ;-) Semua anak pada DASAR-nya bisa dibentuk dengan baik, baik itu sifat maupun sikapnya... Yang penting, kita selaku orang tuanya dapat MENJELASKAN dengan benar apa latar belakang dan alasannya. Anak CEPAT sekali menangkap dan menerima informasi yang diberikan, maka BERUSAHALAH tuk jujur pada anak anda ^_^

0 comments:

Post a Comment