Tuesday, October 7, 2008

KEBIMBANGANKU

Tanggal 21 bulan ini... insya Allah Mas Riza-ku GENAP berusia 3 tahun. Usia di mana saudara atau temenku mulai banyak yang MEMPERTANYAKAN kapan nih dikasih adik??? Iya sih, rasanya sudah cukup Mas Riza menikmati dirinya sebagai anak TUNGGAL. Limpahan kasih sayang dari keDUA orang tuanya, Kek Nek, Eyang Kung, Pak/Bu De, Om/Tante serta Sepupunya... tertumpah hanya pada dirinya. Melihat Mas Riza di rumah sendiri [hanya berdua dengan mbak-nya], pengen banget aku memberikan seorang ADIK.

Namun banyak hal yang menjadi pertimbanganku dan Ayah, salah SATUnya adalah rasa TRAUMA-ku yang ternyata belum hilang. Teringat saat Ayah memberitahukan di telingaku, saat aku terbaring lemah setelah operasi sesar anak PERTAMA... bahwa aku telah KEHILANGAN bayiku. WIKAN [nama yang kupersiapkan tuk anak pertama] hanya bertahan 2 jam setelah ia dilahirkan di dunia ini. Rasa KEHILANGAN yang amat sangat tak mampu aku BENDUNG... IKHLAS... itulah yang selalu dan selalu aku berusaha untuk lakukan...

Ternyata Allah SWT tidak cukup mengujiku, setahun berlalu aku mengalami pendarahan yang mengakibatkan janin 8 minggu yang kukandung tidak dapat BERTAHAN dalam rahimku. Dua kali aku harus kehilangan anakku... TEGAR dan tetep berusaha... hanya itu yang bisa kulakukan bersama Ayah. Alhamdulillah setelah melewati 2 ujian berat dalam hidupku, Mas Riza hadir ditengah kami... MENYEMARAK-kan hari-hariku dan Ayah. Tapi jangan salah... saat melahirkan anak pertama, aku harus mendapatkan bantuan transfusi darah 1 kantong, saat melahirkan Mas Riza... aku mengalami pendarahan saat dioperasi sehingga harus ditransfusi darah 2 kantong. Ya Allah... anak pertama 1 kantong... anak kedua 2 kantong, masa sih anak ketiga harus 3 KANTONG darah??? Hikssss.....

Pelukan ERAT dari Mas Riza yang membuatku BAHAGIA

Kalo saat-saat hamil... aku sangat MENIKMATI-nya. Mual di pagi hari, makan trus KELUAR lagi hehehehehe menjadi rutinitas yang harus kulalui... tapi aku BAHAGIA menjalaninya. Pemeriksaan ke dokter kandungan adalah saat yang paling KUTUNGGU, melihat perkembangan janin dalam rahimku adalah KEBAHAGIAAN yang tidak dapat terlukiskan. Namun... apakah bayiku SEHAT??? Bagaimana dengan operasi yang KETIGA??? Rasa sakit pasca melahirkan??? PERTANYAAN itu yang selalu menggelayuti pikiranku dan Ayah, ditambah lagi telah 3 tahun aku menjalani operasi kelahiran Mas Riza... namun rasa sakit LUKA itu masih terasa. Apalagi kalo KONDISI tubuhku sedang lelah... rasa NYERI itu selalu menghampiri.

Apalagi saat melahirkan anak PERTAMA, aku sempet drop... Ini juga merupakan salah satu pertimbangan Ayah, beliau yang paling TRAUMA melihat kondisiku pasca SESAR. Ayah udah IKHLAS punya anak satu aja... yang paling takut aku hamil lagi yaaa emang Ayah. Ayah udah kehilangan MAMI... dia gak pengen kehilanganku, makanya dia mensyukuri banget udah ada Mas Riza. Ibuku juga stress kalo aku HAMIL lagi... yaaa sebagai seorang IBU... aku bisa merasakan takutnya KEHILANGAN anak.

Pengen nambah ANAK... tapi konsekuensinya banyak banget. Liat kondisi mbak-mbakku yang tidak ada MASALAH dalam kehamilan dan melahirkan... jadi NGIRI dech hehehehehe Kayaknya punya anak 4 dan 5 bagi mbak-ku bukan masalah... BROJOL-BROJOL aja tuh wakakakakaka Tapi kok kalo aku, wuihhhhhhhh banyak sekali PERTIMBANGANnya... mulai dari Ibuku dan Ayah. Yang pasti... kondisi LAHIR dan BATINku dulu yang harus kupersiapkan... MANTAP gak tuk hamil lagi hehehehehe Karena kalo hamil... yang pasti persalinan akan dilakukan melalui SESAR lagi. Wadawwwww mengingat
lampu, meja opearsi dan peralatannya saja sudah membuatku STRESS BANGET...

Ada yang punya SARAN??? ^o^

2 comments:

  1. duh susah juga ya kalo sesar....aku dulu normal terus sih mbak, jadi nggak ngerti mesti ngasih saran apa hehehe...

    ReplyDelete
  2. @ Novnov : Iya ni... jangan sampe mbak!!! Gak enak sama sekali, walau dikata pas NGELUARIN gak sakit... tapi setelahnya... wadawwwww GAK dech!!!

    ReplyDelete