Monday, May 11, 2009

Ke Pasar IKAN

Biak, 30 April 2009

Hari KEDUA di Biak... udah bisa beradaptasi nih :P Biak puanasssss banget euiiii... Walau aku LAHIR dan besar di sana.... baru kurasakan kalo Biak emang panas banget hehehehehe [mencoba tuk MENYANGKAL suku wakakakakaka]. Hari Kamis ini rencana kami mo jalan-jalan ke pasar IKAN, Mas Riza udah penasaran banget ama yang namanya ikan JULUNG :D Di Bogpr dan Jakarta... aku blum pernah liat ikan julung sih, atau emang ikan ini hanya hidup di perairan Indonesia TIMUR kali ya???

Ayah dan Mas Riza di pinggir pantai


Pagi hari setelah Mas Riza sarapan, kami pun siap tuk jalan. Tapi sebelum ke pasar IKAN, aku pengen mampir ke rumah temen sekolahku yaitu Septi dan Ida. Ehhh ternyata saat aku naympe di rumah mereka, merekanya lagi gak ada. Yaa sudahlah, aku pun melanjutkan jalan-jalanku keliling Biak. Aku mampir ke SMAN 1 Biak tempat aku dulu bersekolah, wuahhh ternyata gak banyak PERUBAHAN juga [padahal udah hampir 13 tahun loh... ehhh gak BERASA aku dah tua dong hehehehehe].

"Itu loh mas... yang namanya ikan JULUNG ^_^ "

Dari sekolahku, kami pun MELUNCUR ke pasar ikan [walau panas-panas... tapi teteeeppppp jalan terus :P ]. Sampe di pasar ikan [letaknya persis di pinggir laut, jadi NELAYAN langsung bisa menaruh hasil tangkapannya di pasar... jadi, ikannya pun masih SEGER banget ], Ayah terkagum-kagum dengan jernihnya air laut. Warnanya pun DEGRADASI... mulai dari yang biru muda [dangkal] hingga yang biru gelap [menandakan lautnya udah dalam]. Saat orang lain sibuk BELI ikan laut, kami sekeluarga sibuk foto-foto hihihihihi UDIK banget, achhh biarlah, kapan lagi kami bisa FOTO di pasar ikan Biak :P

Mas Riza seneng banget, akhirnya dia bisa liat BERANEKA macam ikan laut. Dia bisa liat bedanya CUMI dengan GURITA... trus bisa liat ikan pari dengan jarak deket [bahkan bisa menyentuhnya], trus ikan dari yang kecil banget hingga yang gede. Oh iya, ternyata ada PENYU juga yang tertangkap, kasihannnn... Ikan KAKAP MERAH yang kalo di Jakarta harganya bisa puluhan bahkan ratusan ribu rupiah, di Biak dijual dengan HARGA yang sangat murah... Yang pasti... Mas Riza akhirnya bisa liat yang namanya ikan JULUNG :D

Ayah bawain IKAN laut yang dibeli Nek

Ehhh ternyata pas di pasar ikan, ketemu Nenek :P Nek baru aja belikan CUMI tuk Ayah, ama ikan BATU. Di Biak, ikan ini dinamakan ikan batu, tapi kalo di Jakarta biasanya disebut ikan AYAM. Ikan ini enak banget kalo DIBAKAR, bukan tuk digoreng loh.... Oh iya, Ayah SANGAT senang makan ikan... [perasaan... Ayah emang DOYAN makan kok wakakakaka apa pun makanannya, lidah Ayah hanya akan ngluarin 2 rasa yaitu ENAK dan ENAK BANGET :P ]. Mau tau gimana Ayah berjuang tuk BAKAR ikan di rumah Nek??? Tunggu ceritaku ya???

0 comments:

Post a Comment